Rabu, 26 Mac 2014

Manfaat Protein


Fungsi protein sangat penting untuk tubuh manusia setidaknya ada 7 fungsi utama dari protein untuk manusia yang menopang kehidupan. Perlu diketahui Protein adalah molekul yang sangat penting dalam sel yang berada pada tubuh kita. Protein dibutuhkan hampir di semua sel tubuh manusia. Setiap protein dalam tubuh memiliki fungsi tertentu. Protein memiliki peran yang berbeda antar yang satu dengan yang lainnya. Ada yang berperan untuk gerakan tubuh dan untuk antibodi terhadap kuman. Protein bervariasi dalam struktur serta fungsi. Mereka dibangun dari satu set 20 asam amino dan memiliki bentuk tiga dimensi yang berbeda. Berikut adalah daftar dari beberapa jenis protein dan fungsinya.
fungsi protein


Fungsi Protein Bagi Manusia


Fungsi protein memang sangat banyak sekali, berikut adalah fungsinya bagi tubuh manusia yang sangat vital untuk menunjang segala sendi kehidupan tubuh.

Protein Untuk Hormon

Protein Hormonal merupakan protein yang membantu aktivitas dan kegiatan dan mengkoordinasikan tubuh tertentu.  Contoh dari protein ini adalah termasuk insulin, oksitosin, dan somatotropin. Insulin mengatur metabolisme glukosa dengan mengendalikan gula darah dalam tubuh manusia. Oksitosin diperlukan untuk merangsang kontraksi pada wanita saat akan melahirkan. Somatotropin adalah hormon pertumbuhan yang merangsang produksi protein dalam sel otot.

Fungsi Protein Untuk Antibodi

Fungsi protein sebagai antibodi adalah untuk menangkal serangan dari antigen. Protein dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah dan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan melawan bakteri, virus, dan berbagai parasit lainnya bagi tubuh. Salah satu caranya adalah antibodi melawan antigen dengan melumpuhkan mereka sehingga mereka dapat dihancurkan dengan mudah oleh sel darah putih yang ada di darah kita. Manfaat antioksidan dari protein ini dapat dijadikan untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh dari penyakit.

Protein kontraktil

Protein jenis ini berfungsi untuk gerakan pada tubuh manusia, contoh dari protein ini adalah aktin dan myosin, protein ini memiliki fungsi dan berperan dalam kontraksi otot dan gerakan tubuh. Protein juga sering di sebutkan sebagai salah satu dalam program diet sehat tanpa obat yang aman dan alami.
Enzim
Protein berfungsi untuk reaksi biokimia dalam tubuh, oleh karenanya sering disebut sebagai katalis karena mereka mempercepat reaksi kimia dalam tubuh kita. Contoh protein jenis ini adalah enzim laktase dan pepsin. Laktase memecah laktosa gula yang ditemukan dalam susu. Walaupun manfaat minum susu banyak sekali, namun kadar gulanya juga harus diatur dengan baik. Pepsin merupakan enzim pencernaan yang bekerja di perut untuk memecah protein dalam makanan agar mudah diserap oleh tubuh manusia.
Protein Storage
Jenis protein ini adalah untuk menyimpan asam amino, contohnya adalah ovalbumin dan kasein. Ovalbumin ditemukan dalam putih telur dan kasein adalah protein berbasis susu.
Protein Sebagai Alat Transportasi
Protein ternyata juga berfungsi sebagai alat transportasi, dimana ia membawa molekul dalam satu bagian ke bagian lainnya. Contohnya termasuk hemoglobin dan sitokrom. Hemoglobin mengangkut oksigen melalui darah dan Sitokrom beroperasi sebagai protein pembawa elektron.
Protein struktural
Fungsi protein ini adalah untuk memberikan dukungan pada bagian tubuh lainnya. Jenis protein ini adalah keratin, kolagen, dan elastin. Keratin memperkuat penutup pelindung seperti rambut, bulu-bulu, tanduk, dan paruh. Kolagen dan elastin memberikan dukungan untuk jaringan lain seperti tendon dan ligamen.
Fungsi protein bagi manusia adalah salah satunya sebagai sumber energi. Bagaimana kita mendapatkan energi? selain kalori dan lemak, protein juga menghasilkan energi yang bermanfaat untuk tubuh. Protein merupakan salah satu sumber energi yang penting buat tubuh manusia. Selain itu, protein juga penting untuk membantu pembentukan otot tubuh dan mendapatkan bentuk serta otot yang ideal. Berbagai jenis protein ini banyak terdapat pada telur, daging, berbagai jenis keju, tempe, dan tahu.





0 ulasan:

Catat Ulasan

TINGGALKAN LINK ANDA!! SAYA NAK BLOGWALKING